Kamis, 18 September 2014

Pengalaman perekrutan



Pengalaman saya ketika proses perekrutan di PT CKB Logistik


Pada tahun 2012 sebulan sebelum saya wisuda, saya mendapat panggilan dari perusahaan PT Cipta Krida Bahari, panggilan tersebut adalah diterimanya saya bergabung di PT CKB.
Proses seleksi sebenarnya pada saat itu tidak terlalu sulit karena PT CKB sudah bekerja sama dengan kampus saya yaitu PT Politeknik Pos Indonesia. Dimana PT CKB menyelenggarakan acara di kampus saya untuk perekrutan khusus angkatan yang baru lulus di tahun 2012.
PT CKB mempunyai program Apprentice, dimana program tersebut menyaring mahasiswa fresh graduate untuk bergabung di PT CKB sebgai anak magang dan pada program tersebut akan diberi kesempatan magang selama 3-6 bulan, dan jika proses magang tersebut lulus maka akan diangkat sebagai staff di PT CKB.
Awalnya saya mulai karir di CKB sebagai anak magang lulusan dari program Apprentice, saya menjalani magang selama 6 bulan dan setelah itu saya di angkat karyawan.
Proses pengangkatan lumayan cukup sulit karena selama 6 bulan tersebut saya harus menunggu posisi yang kosong dulu dan ada beberapa teman saya yang program Apprentice sudah dulu diangkat karyawan sebelum 6 bulan magang karena posisi yang ditempati urgent dan harus di isi. Pada saat itu posisi customer service oil and gas kosong dan saya ditawarkan untuk posisi tersebut dikarenakan saya tidak ada pilihan lain, saya ambil posisi itu. Sejujurnya saya kurang berminat di bagian sales marketing tetapi saya memberanikan diri untuk keluar dari jalur aman.
Setelah saya menerima tawaran tersebut, saya harus ikut test terlebih dahulu, yaitu test wawancara,lulus test wawancara  lanjut  test psikotes, lulus test psikotes saya lanjut tes English, lulus test English lanjut tes medical chek up. Selama  saya menjalani test-tets tersebut  status saya adalah  karyawan outsourching karena test-test tersebut cukup lama dan butuh waktu  2 bulan. Setelah semua test selesai, akhirnya saya diangkat menjadi karyawan tetap di CKB pada tahun 2013 bulan Mei.
Dan beruntungnya saya tidak sempat menganggur setelah lulus kuliah.

Thanks
Jayanti :)

1 komentar: